ada yang salah….


Ada yang salah, pasti ada….

Kecurigaan dan terjadinya krisis kerpercayaan dalam sebuah organisasi, baik pemerintahan maupun swasta, dan apapun bentuk organisasinya menyebabkan kondisi kerja tidak sehat, dan membuat orang-orang yang berinteraksi di dalamnya berada dalam kondisi kerja yang tidak efektif dan produktif. Tentu saja, jika “kesakitan” ini terus dibiarkan maka akan menyebabkan terhambatnya pencapaian-pencapaian organisasi. Bahkan tidak mustahil visi organisasi menjadi “oase” ditengah gurun yang sebenarnya fatamorgana.

Khusus di organisasi pemerintahan, sangat sulit ditemukan kondisi kerja yang benar-benar solid, semua individu terjebak dalam azas kepentingan yang bersifat material dan saling tarik menarik kepentingan, bukan  berusaha mencapai keberhasilan bersama. Saya kaget mendengar jika ada yang mengatakan “lebih baik sama-sama rugi sekalian deh”. Aneh, ada yang mau rugi barengan, padahal dalam mencari solusi yang harus dikedepankan adalah “win win solution” atau paling tidak “win not lose Solution” yang kalau diterjemahin dalam bahasa kita adalah sama-sama menang/untung atau minimal gak ada yang dirugikan. Maka, yang mau sama-sama rugi adalah keputusan emosional yang tidak rasional. Atau paling banter ya ruginya diminalisir.

Coba bayangin, tubuh kita yang notabenenya terdiri dari organisasi yang baik mulai dari sel, jaringan, organ, sampai sistem organ semuanya bersinergi untuk menopang kehidupan. Jika, si “jantung” ngambek karena kepentingannya tidak diakomodir, karena merasa paling penting maka si jantung memutuskan untuk melakukan aksi mogok selama 1 jam. Enak aja, gue yang capek-capek memompakan darah dan memberikan makanan kepada elu-elu pade, malah dapat bagian yang paling kecil, ntu si ginjal kok malah kebagian yang paling gede??? Lalu si otak menimpali, ehh jantung gak usah sok deh, gue yang diatas sini aja dapatnya juga dikit, diem2 aja. jangan macem-macem deh, gak ada gue lu pade gak bergerak tau…. ehh…ehh…ehh, lu otak…. kalau gue gak mensuplai oksigen 5 menit aja ke kamu udah mati lu timpal si paru-paru. Gak kebayang kan gimana manusianya jika terjadi hal-hal diatas???

So, balik lagi untuk menuju keorganisasi sehat yang sebenarnya ingin mencapai tujuan bersama, maka diperlukan sinergitas dari pembagian deskripsi (tupoksi) kerja masing-masing. Gak bisa lagi, untuk menciptakan organisasi yang sehat terjadi saling salah menyalahkan, saling “ngambek” karena kepentingannya tidak diakomodir, semua harus pada porsinya masing-masing. Egoisme bagian harus dimimalkan, tidak ada yang lebih penting satu dengan yang lainnya. Tapi mungkin ada yang lebih berat tugasnya perlu diberi perhatian lebih maka hal itu wajar-wajar saja. Tetapi tetap tidak mengabaikan produktifitas. Terjadinya keterlambatan dalam mengambil keputusan dan terjadinya ketidakefektifan kinerja dari sebuah organisasi adalah sebuah kerugian terbesar. So, bagi kita yang berinteraksi dalam organisasi maka kita perlu memahami hal-hal tersebut sehingga produk yang kita hasilkan menjadi baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Karena kalau kita masih berkutat pada masalah-masalah remeh temeh, maka kita tidak akan menciptakan sesuatu yang besar dan tidak akan bisa bersaing dengan para kompetitor.

Iklan

Perihal theghozz
Aku adalah Penduduk Akhirat yang sedang melancong kedunia, sehingga waktuku tidak banyak. Setiap detiknya ada kesempatan emas yang sangat berharga, bagiku waktu yang telah berlalu sangat jauh walaupun seditik dan masa yang akan datang begitu dekat menghampiri....

2 Responses to ada yang salah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: