Alasan-Alasan (Clasik) Para Jomblo Belum Menikah


Jomblo itu makhluk paling unik. Baik yang sengaja ataupun gak sengaja jomblo tetap aja penuh misteri. Salah satu misteri yang paling membuat penasaran adalah, kenapa mereka tidak menikah-nikah padahal waktu terus berjalan. Mari kita bahas satu persatu.

  1. Belum Pengen

Ada loh orang yang merasa menikah belum begitu perlu, hal ini biasanya menjangkiti pada orang2 yang teralu sibuk dengan dirinya sendiri atau dengan pekerjaannya. Sehingga mereka merasa nikah hanya akan menggangu kegiatan / karier mereka. Biasanya mereka baru sadar ketika mereka udah tuir dan merasa kesepian. Tapi sayangnya kadang agak susah ketemu jodoh jika anda udah berumur banyak, apalagi kalau terjadi pada wanita. Biasanya wanita kalau masih umur 20 – 25th jual mahal, 25-30th mulai lirak lirik yang cucok, 30-35th siapa pun jadi. #justjoke.

2. Belum ketemu yang pas

Seperti milih pakaian, tentu saja kita harus memilih yang paling pas, nyaman, dan enak dilihat bagi si pemakainya. Bahkan sangkin ingin menemukan yang paling cocok kita rela menjelajahi tiap pertokoan. Begitu juga bagi seorang jomblo. Mencari pasangan yang pas itu butuh pertimbangan yang matang. Yang paling penting cocok dengan apa yang diingini. Kriteria2 pun dibuat untuk menseleksi setiap inceran, kalau qualified langsung dideketin. Tapi sebenernya, dalam membangun sebuah hubungan apalagi pernikahan, mencari yang pas tentu saja tidak mudah, karena tiap orang punya kelebihan dan kekurangan, kayak ane…. lebih banget berat badannya. Haha. Tapi ane punya kekurangan juga, ane terlalu setia. Sehingga tak jarang sering disakiti karenanya (curcol). Susah banget buat moveon kalau udah senang ama seseorang. So, Kita kudu Memiliki sifat menerima dengan segala keadaan yang itu nantinya berguna buat ngelanggengin mahligai cinta kita (cielah…).

3. Belum Siap (Finasial dan Mental)

Banyak yang berprinsip, jika hendak menikah harus siap secara finansial dan mental. Okelah kalau mental sih kadang bisa diakal2in. Tapi kalau finansial sepertinya lebih susah. Tak jarang para pria menginginkan pernikahan ketika mereka mapan, seperti punya rumah, mobil dan tabungan dan deposito yang banyak. Tapi sayangnya, orang dengan tipe ini jarang. Biasanya usianya udah kepala 3 atau 4. Jika masih berusia muda tapi udah mapan secara finansial itu ada 4 kemungkinan: 1) Dia anak orang tajir 2) dia emang pekerja keras 3) dia miara tuyul 4) dia ikut MLM. So, kalau ane mau menunggu siap secara finansial mungkin ane nikah waktu ane udah memasuki usia jompo.

Kok bisa gitu? Ya itung aja, kalau dalam kondisi normal. Gaji kotor sebulan 2.5jt. biaya yang harus dikeluarin perbulan buat makan ama kebutuhan lainnya 2jt-an. Bisa saving 500rb/bulan. Kalau mau punya rumah tipe 36 aja sekarang harganya 70jt-an. Berarti 500rb X ….bln = 70jt. Jadi …..blnnya = 140. Bagi 12/th = 11th. Umur ane sekaran 26, + 11 th = 36th. Blm lagi buat beli mobil dan lain2nya. Bisa2 diumur 50th baru “layak” secara finansial buat nikah. Sementra temen2 seangkatan ane udah pada punya anak… (nangis tuo). Apalagi biaya nikah juga mahal sekarang. Tak jarang orang rela berhutang demi perayaan 1 hari doank. Padahal hari2 berumah tangga yang akan dilalui lebih panjang. Saran sih jangan ampe nikah ninggalin utang. Mending yang sederhana aja. yang penting ijab kabulnya sah. #hematmodeon.

4. Belum ada yang mau

Nah, kalau yang ini lebih parah lagi. Buat tampang2 mengkhawatirkan seperti ane ini emang sering banget gak laku. Biar diobral gimana juga masih aja tetep gak ada yang mau. Untungnya, Allah SWT menciptakan “khilaf” dimuka bumi, jadi orang2 kayak ane masih bisa berharap ada cewek cakep yang khilaf pas ngeliat ane, dan mau diajak nikah… haha. #ngayal.

5. Belum cukup umur

Ya, kalau anda masih dibawah 15 tahun tentunya jangan terlalu berharap cepat2 nikah. Orang kencing aja belum lurus kok mau nikah. (emang lu udah lurus ghozz???). ya itu kan perumpamaannya aja. mungkin banyak lagi cita-cita yang harus dicapai. Tapi ada juga sih kemarin yang nikah diusia 15th, tapi itu juga karena MBA. Emang pergaulan anak sekarang udah mengkhawatirkan. Mudah2an deh gak terjadi ama kita dan keluarga kita.

6. Belum kelar Sekolah/Kuliah

Bagi kebanyakan orang tua, pendidikan anaknya adalah nomor satu, jadi mereka akan berusaha mendidik anaknya ketingkatan yang lebih tinggi dari pada mereka dahulu. Makanya, ketika anda punya inceran yang masih sekolah, pastiin dulu ke orang tuanya kalau ente2 pada mau melamarnya. Yakinin bahwa kuliah sambil menikah itu mengasikkan dan tidak mengganggu pendidikan.

7. Belum dapat restu dari orang tua

Orang tua tentu menginginkan yang terbaik buat anak-anaknya, makanya orang tua terkadang menilai seseorang yang ingin menjadi menantunya memiliki “Bibit,Bebet, dan Bobot”. Kalau ane sih, Bebet ama bobot udah oke banget, tinggal bibit aja yang blm pernah diuji. Hehe. #janganngeres.

8. Belum dapat izin melangkahi

Emang siapa yang dilangkahi ghozz? Hmm, bagi beberapa suku, melangkahi abang/kakak yang belum menikah adalah tabu, makanya jika ingin tetap menikah maka hal yang harus dilakukan adalah meminta izin untuk melangkahi abang/kakak tersebut. Biasanya sebagai syarat untuk dapat izin, kita harus memenuhi semua syarat yang diajukan si abang/kakak. Yang parah kalau dia minta macam2 seperti rumah atau mobil. Kalau udah gitu, yah anda siap2 aja buat ngebobol bank. Terakhir…

9. Belum tertarik dengan lawan jenis.

Ini bahaya banget ciin…. eyke gak perhah habis pikir ama orang yang seperti ini. Ciri-ciri Mereka suka makan jeruk, makanya ada pepatah “jeruk makan jeruk”. Ini kelainan sob, ente2 pade kalau ngalamin ini harus segera taubat dan berobat ke “Psikolog” or “Psikiater” buat konsultasi.

Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini, kalau ada yang mau nambahin silahkan tinggalkan komentar anda…. yuk mari!!!

Iklan

Perihal theghozz
Aku adalah Penduduk Akhirat yang sedang melancong kedunia, sehingga waktuku tidak banyak. Setiap detiknya ada kesempatan emas yang sangat berharga, bagiku waktu yang telah berlalu sangat jauh walaupun seditik dan masa yang akan datang begitu dekat menghampiri....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: