Mikir dulu apa langsung eksen?


Gambar

Wah, pusing neh gw “mikirin” Tugas kuliah, banyak banget…..

Wah, pusing kerjaan di kantor banyak banget….

Wah, nyesel neh…. kenapa kemarin gak direncanain mateng2….

Mungkin kalimat diatas sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Ada seorang mahasiswa dan karyawan yang mengeluh pusing memikirkan tugas kuliahnya. Padahal dengan pusing mikir tadi, tugas ama kerjaannya gak akan pernah selesai-selesai. Trus apa yg mesti dilakuin??? Ya mulailah untuk mengerjakannya.

Emang yang paling sulit untuk melakukan sesuatu adalah memulai, sama kayak memulai hubungan cinta, takut ditolak akhirnya jomblo selamanay…. hahaha…. tapi dengan keberanian kita memulai maka beban pikiran akan berkurang, dan kemungkinan akan cepat terselesaikan. Tapi kalau kita nunda2 mulu, dan Cuma sebatas dipikirin aja, ya boro2 kelar….

Itukan kalau ada tugas, kerjaan dll…. kalau misalnya memutuskan sesuatu hal seperti berumah tangga, gimana tuh??? Nanya ama gw ya mana gw tau…. gw aja belum menikah2. Tapi gini sob, emang semuanya kudu dipikirin mateng2, tapi gak kelamaan juga. Trus mikirnya juga harus punya master plan gitu. Jadi bukan mikir kosong dan mengkhayal aja. kita harus udah punya langkah-langkah untuk mencapai target kita.

Tapi ada juga orang yang berprinsip “leaning by doing”. Belajar sambil jalan aja. orang tipe ini punya optimisme tinggi akan setiap resiko yang ada, dan berusaha memecahkan masalah dengan pengalaman yang dijalani. Gak perlu terlalu takut, kalau mau nyampe kesebrang ya harus berani menentang gelombang.

Efektif-an yang mana kalau gitu???? Buat rencana dulu atau jalan aja dulu??? Ya itu tergantung dengan karakter masing-masing juga. Toh tetap punya sisi plus dan minusnya juga. Bagi yang perpectionis dan detail mungkin perlu direncanakan mateng hasilnya bisa diprediksi dengan indikator tertentu, tapi butuh waktu yang lebih lama dan kesulitan jika yang terjadi tak sesuai dengan kenyataan. Kalau yang easy going biasanya waktu memutuskan lebih singkat dan siap berakselerasi jika ada masalah, Cuma hasil akhir akan sulit diukur.

theghozz

Iklan

Perihal theghozz
Aku adalah Penduduk Akhirat yang sedang melancong kedunia, sehingga waktuku tidak banyak. Setiap detiknya ada kesempatan emas yang sangat berharga, bagiku waktu yang telah berlalu sangat jauh walaupun seditik dan masa yang akan datang begitu dekat menghampiri....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: